Jakarta’s mine today

Jakarta ….

Cling.. terdengar suara dari bbm gue, ternyata kakak gue sudah datang menjemput dengan mobil yang unik yapp mobil corolla… dua hari kita melakukan hal yang waw…. I like it .

Selasa, 25 Desember 2012

Tepat pukul 10.00 sang kakak menjemput gue, kita jalan tanpa tujuan. Hadehhh kalian bingung dong kalo nanya kita mau kemana?? Dan Cuma dijawab belum ada plan (gubrak). Akhirnya kita muter-muter jalan Jakarta sih tepatnya dari mulai melewati jalan sudirman, lewat pelangi, lewat slipi, lewat monas, lewat kota tua, dan sampai akhirnya gue bilang “ mas gimana kalau kita pergi ke seaworld aja??” .

Sekitar jam setengah 12 kita sampai di Taman Impian Jaya Ancol yeyyyy , kita cari parkir dan langsung ke seaworld pastinyaa.. masuk dong kita ketempat yang diidam-idamkan. Saat itu jug ague bilang yampun mas sumpahhh kok rame banget sihhh?? Agak bawel sih gue seanjang di dalem itu gak berhenti ngeluh hhaa.. okhay kita pindah ke Ocean Dream masuk dong kita ke dalam antrian loket pembelian tiket .. tiba-tiba yukk kita pindah ajaa wuahhahhaa kita ketawa karena ada something .

Mobil akhirnya menuju ke pantai ancol dan kita putuskan untuk jalan-jalan sore ke arah pantai carnaval. Cukup kocak hal yang kita lakukan disana , sebenarnya sihh itu menambah dosa kami berdua huhhuuu awalnya dari seorang laki-laki yang dengan tampang coolnya berjemur di bawah teriknya matahari dengan alas tikar, berikut dengan kacamata hitam hemm…. Wuakakakakakka kita ketawa ngakaka coba dong dengan pikiraan yang sama kita bilang itu ada yang kurang itu… kurang buka baju mas gileee aja berjemur dengan memakai jaket kulit pula… hadehhh itu kan panas bangett … dan sepanjang jalan itu ya begitu deh kerjaan kitaa seharian di ancol.

Selepasnya matahari yang hampir terbenam kita capcuss keluar ancol dan menuju ke Senayan City, niatnya sih sang kakak mengajak gue makan mie tarik favourite doi..  Ternyata di sana sedang ada siapa tebakk??  Tiba-tiba mimic muka gue berubah weww SPONGEBOB SQUAREPANTS hhaahhhaa kocak kocakk kita berdua ikut deh nonton bersama anak-anak kecil ituu hobby kita berdua sama tapi agak aneh juga sih ya ini kita yang gak bener atau siapa yah yang gak bener. Jam 19.15 kita udah mulai nontonn sampai setengah sepuluh kita sudah selesai dan we back to home…

 

Proses Produksi PT Yakult Indonesia Persada

PENDAHULUAN

Proses produksi menurut pembagian yang macam-macam digolongkan menjadi 4 golongan:

  1. Sifat Produk
  2. Tipe proses produksi
  3. Berdasarkan manfaat yang diciptakan
  4. Teknik proses produksi

Dalam hal ini saya akan menganalisa berdasarkan tipe dan teknik proses produksi dalam suatu perusahaan.

Tipe proses produksi ditinjau dari arus bahan mentah menjadi barang jadi dapat di bagi menjadi 2 tipe yaitu :

  1. Tipe Proses Poduksi Terus-menerus (Continuous Process)
  2. Tipe Proses Produksi Terputus-putus (Intermitent)

Teknik Proses Produksi  ada beberapa macam yaitu :

  1. Proses Ekstraktif
  2. Proses Analitis
  3. Proses Fabrikasi
  4. Proses Sintesis
  5. Proses Assembling

PT YAKULT INDONESIA PERSADA

PT Yakult merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990, kapasitas produksi PT Yakult adalah 3.300.000 botol/hari . Kapasitas yang dilakukan sesuai dengan permintaan pasar .

Yakult adalah minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casci Shirota strain yang dapat mencapai usus dalam keadaan hidup . Yakult terdiri dari 2 jenis yaitu yakult original dan yakult acc. Yakult original mengandung lebih dari 6,5 milyar bakteri L.casci Shirota strain sedangkan Yakult acc. Mengandung lebih dari 30 milyar L.casci Shirota strain ditambah dengan kalsium dan vitamin.

PT Yakult hanya memiliki satu jenis produk. Selain itu juga, peralatan yang digunakan memiliki fungsi yang khusus dan pesanan serta panduan kerja sedikit karena semua sudah tersandarisasi

Dalam pembuatan Yakult, bahan baku yang digunakan adalah bakteri, susu bubuk, glukosa, dan air. Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat botolnya adalah polysteren, dan tutupnya dibuat menggunakan aluminium foil. Untuk menghasilkan yakult, perusahaan melakukan beberapatahap proses produksi :

  1. Pembibitan : Proses pembibitan ini dilakukann secara manua. Saat pembibitan susu bubuk disteril sehingga warnanya berubah menjadi coklat. Kemudian suhunya didinginkan dan dimasukkan ke tempat penampungan  besar dan didiamkan selama satu hari.
  2. Fermentasi : Pada tahap ini gula mengalami proses HTST (High Temper Short Time), dan susu mengalami proses UHT (Ultra High Temper). Waktu penampungan sat fermentasi ialah tujuh hari.
  3. Pencampuran gula dan air : pada tahap ini, gua dan air di mix menjadi satu. Media yang digunakan adalah mesin yang berfungsi mengaduk gula pasir dan air sampai membentuk gumpalan-gumpalan halus. Hasil dari tahap ini adalah yakult konsentrat, kemudian dimasukkan ke blending pump dan ditambahkan air dan hasil akhirnya adalah yakult.
  4. Proses pencetakan botol menggunakan 15 mesin. Setiap mesin menghasilkan 18 botol, sehingga dalam satu jam dapat menghasilkan 11.000 botol.
  5. Penyimpanan botol dilakukan dengan filter udara
  6. Pada tahap terakhir ini menggunakan banyak sekali mesin, diantaranya adalah selector mesin dan mesin printing. Semua botol akan diisi yakult dan ditutup dan kemudian diseleksi.
  7. Pengemasan : terdiri dari proses packing, repacking, dan mesin akan menyusun produk akhir.
  8. Ruang Pendingin : Kemasan yang berisi botol yakult disimpan dalam ruang pendingin untuk menjamin kualitas dari minuman kesehatan yakult.

ANALISA

Dari proses-proses produksi di atas kita bisa mengetahui bahwa PT Yakult Indonesia ini masuk kedalam tipe proses produksi terus-menerus (Continuous Process) yang mana dalam prosesnya hanya menghasilkan satu produk minuman dari bahan mentah sampai dengan barang jadi dengan pola proses produksi yang berurutan sesuai dengan proses yang dijalankan, kegiatan ini akan berjalan terus menerus dalam jangka yang lama.

Untuk hal teknik proses produksi perusahaan yakult ini masuk kedalam proses analitis dimana pada pembuatan minuman yakult ini mengkombinasikan beberapa bahan mulai dari bahan yang satu dengan bahan yang lainnya karena adanya proses pencampuran bakteri  sehingga menghasilkan suatu produk yang sudah sesuai dengan standarisasi dan tentu saja sehat .

Sumber : http://www.yakult.co.id/